Senin, 13 Oktober 2014

Memilih Sepatu Gunung



Kaki merupakan anggota tubuh yang penting dalam melakukan pendakian gunung, taka da kaki kita tidak bias berjalan mendaki. Untuk itu lindungi kaki kalian dengan menggunakan sepatu. Sepatu pun juga jangan asal sepatu. PIlih sepatu yang safety dan standart SOP pendakian atau tracking. Saya telah melakukan survey pada diri saya sendiri dan teman teman bagaimana rasanya mendaki dengan menggunakan sepatu atau sandal. Hampir semua teman saya lebih merasa nyaman dan aman mendaki gunung atau hiking dengan menggunakan sepatu gunung. Dikarenakan kenyamanan dan keamanan saat melintasi berbagai medan  yang selalu berbeda, mulai dari jalanan aspal, berbatu, berlumpur, sampai untuk melintasi track semi rock climbing.


Bagaiman memilih sepatu hiking atau sepatu gunung ???


Pilih yang bagian leher sepatu dilapisi dengan bahan yang empuk dan menebal. Untuk menghindari lecet pada tumit kaki akibat dari gesekan dengan leher sepatu.
Sepatu yang nyaman adalah yang ringan, maka carilah sepatu yang berbobot ringan. Supaya kaki tidak mudah lelah karena terbebani oleh bobot sepatu. Dan mengurangi bobot carrier saat sepatu masih di packing sebelum melakukan pendakian gunung.
Agar tidak mudah terpeleset pilih sol yang mempunyai ceruk yang dalam dan kembang besar. Kaki akan semakin mantap saat menjejakan kaki dan Insya Allah lancar melewati jalur berat dalam pendakian gunung. Dan saya lebih menyarankan untuk membeli sol yang terbuat dari kulit sintetis yang lebih menggigit pada medan yang licin atau medan berbatu. Sol berbahan kulit biasanya lebih licin dan tidak awet. Dan juga pilih yang waterproof sehingga saat melintasi jalanan basah atau saat mendaki pada kondisi hujan sepatu tidak kemasukan air. Air akan membuat lembab sepatu, kaki menjadi tidak nyaman dan dingin bila air masuk kesepatu.



Mau sepatu berleher panjang tau pendek terserah sesuai selera. Saya menyarankan yang menutupi mata kaki, karena lebih safety dan bias menahan goncangan. Sepatu yang menutupi mata kaki juga bias mengurangi terkilir dan cedera engkel pada saat terpeleset.
Memilih ukuran sepatu sebaiknya lebih besar satu nomor dari ukuran sepatu biasa. Untuk mengurangi cedera pada kuku kuku jari kaki dan tidak sesak pada saat menggunakan kaus kaki yang tebal. Pada saat turun gunung atau melalui jalanan yang turun jari kaki akan lebih menahan maju dan apabila kaki mentok ke sepatu jari akan sakit. Kencangkan tali sepatu khususnya pada bagian pergelangan kaki agar sepatu tetap kencang walau ukuran sepatu aga longgar.
Semua itu kembali ke budget masing masing, banyak sepatu murah tapi juga awet.. jadi yang terpenting adalah kenyamanan. Dan tergantung perawatan kita masing masing kepada sepatu kesayangan. Punya saya karrimor skido KW, beli di lowakan tapi awet dan sudah nyaman dengan kaki saya. Yang jadi cover di atas adalah sepatu saya tercinta :D.

Kurang lebih seperti itu bila ada usulan silahkan tinggalkan di kolom komentar, nanti saya perbarui J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar