Selasa, 21 Oktober 2014

Rincian Perjalanan ke Gunung Rinjani

Lagi pada rame-rame mendaki Gunung Rinjani nih. Gunung yang eksotis ini memang tiada duanya. Telah menjadi mimpi bagi para pendaki untuk bisa menjejakan kakinya di puncak Gunung Rinjani.  Banyak yang beranggapan untuk bisa sampai ke Gunung Rinjani ini mahal. Iya mahal kalo berangkatnya dari Kazakhstan bareng mba Sabina :p . kalo berani makan pas pasan, nginep di tempat pas pasan, dan pake transportasi yang pas pasan siihh ga mahal. Banyak yang bilang kalau bisa habis budget 1 juta sampai 2,5 jutaan. Iya memang bisa bagi yang naik pesawat atau pake bawa pulang oleh-oleh kain tenun Lombok sekarung. Kemarin tanggal 07 September 2014 gue berenam dari Djogja berangkat untuk meraih mimpi kita mendaki Gunung Rinjani. Kita untuk budget tranportasi ga nyampe 600k ko, ga percaya??? Niihh sekarang gue bakalan berbagi pengalaman gue kemarin. Monggo disimak,
Dari Djogja stasiun Lempuyangan kita naik kereta api ekonomi Sri Tanjung jurusan stasiun paling akhir stasiun Banyuwangi Baru dengan biaya Rp 50.000. Terus jalan kaki dari stasiun Banyuwangi Baru  ke pelabuhan Ketapang karena deket, Cuma beberapa ratus meter saja. Nyebrang dari pelabuhan Ketapang ke pelabuhan Gilimanuk Bali hanya Rp 6.500 saja. Sampai pelabuhan Gilimanuk langsung kita ke terminal Gilimanuk. Disana langsung cari angkutan umum seperti minibus gituu.  Awal di tawarin  biaya angkutannya Rp 65.000 tapi kita tawar jadi Rp 50.000. Dengan biaya segitu kita sudah bisa sampai pelabuhan Padang Bai. Di pelabuhan Padang Bai tiket untuk menyeberang ke pelabuhan Lembar Lombok Rp 40.000. Ini niihhh yang sempat kita kemarin panas sampai salah dua personil kita mau adu ayam jotos sama orang Lombok. Kita kena calo pas di pelabuhan Lembar. Kita dari Lembar sampai Sembalun tak mulus perjalanannya. Kita di oper sampai 3 mobil, yaaa karena kena calo itu tadi. Kita habis sekitar Rp 90.000/ anak. Tips setelah kita tanya pendaki pendaki lain. Carilah mobil bak carry. Itu bayarnya sekitar Rp 50.000 doank dari Lembar sampai Sembalun. Atau kalau ga dari Lembar naik angkutan ke Aikmel Rp 30.000 trus dari Aikmel pake mobil bak carry ke Sembalun Rp 20.000. Itu info yang kita dapet dari beberapa pendaki lain.
Untuk perjalanan pulang  kita dari Senaru. Di Senaru kita nginep di rumahnya Pak Saat, disini kita bisa bisa makan bonusnya nginep dan bisa di cariin angkutan untuk kemana aja, ke neraka juga ada ke surganya yang susah. . . :D. Untuk pembahasan Pak Saat nanti di bawah baca aja. Karena kita mau mampir ke Gili Trawangan kita mampir dulu. Dari Senaru rumah Pak Saat kita naik angkutan menuju Bangsal dengan biaya Rp 35.000. Angkutan ga langsung ke pelabuhan. Tapi berhenti di perempatan sebelum pelabuhan. Untuk ke pelabuhan kita naik Andong dengan biaya Rp 5.000 saja. Monggo mau jalan kaki juga ga papa siih kalo nyantee, tapi panas. Angkutan ga boleh masuk, yang boleh hanya taksi n andong. Nyampe pelabuhan Bangsal kita beli tiket boat untuk menyeberang ke Gili Trawangan Rp 17.000. Pas kembali dari Gili Trawangan ke Bangsal biaya lebih murah jadi Rp 13.000. Untungnya kita ketemu bang Heru sopir travel Avanza pas di boat dari Gili Trawangan. Kalau sore di Bangsal sudah tidak ada angkutan kata penduduk sana. Naah Kita di tawarin sama bang Heru yang mau pulang ke sekitar Mataram numpang mobil Avanza miliknya hanya dengan ganti uang bensin aja, kita berenam terus ngumpulin uang masing masing Rp 10.000 berenam jadi Rp 60.000. Pas di Mataram hampir kehabisan angkot, masih ada 1 angkot kuning. Di sini bantuan bang Heru masih berlanjut. Bang Heru berdebat untuk menawar biaya angkot dengan bilang kalo kita adalah teman bang Heru...terima kasih bang Heru bantuannya, semoga menjadi amal ibadah bang Heru. J. Setelah di tawar akhirnya harga menjadi Rp 100.000/ 6 orang, jadi /orang di bulatkan saja menjadi Rp 17.000. Dari Mataram kita menuju pelabuhan Lembar. Dari Lembar tiket Rp 40.000 sampai di Padang Bai di Bali. Di Bali karena dini hari jadi ga ada angkutan, kita akhirnya menyewa Avanza dengan Rp 200.000/ 6 orang sampai terminal Ubung Bali di bulatkan aja /orang Rp 34.000. Di terminal Ubung kita cari angkutan minibus Rp 25.000 nyampai di pelabuhan Gilimanuk. Nyebrang Gilimanuk ke Ketapang Rp 6.500. Terus pas di stasiun ternyata kita kehabisan tiket. Akhirnya kita beli tiket kereta api untuk besok pagi. Karena kita nyampe banyuwangi pagi hari dan harus menunggu pagi selanjutnya kita jalan jalan dulu ke pantai Watu Dodol yang tidak terlalu jauh. Kita naik angkutan semacam mobil kecil dengan biaya PP 14.000. Di keesokan harinya kita beli tiket kereta api Sri Tanjung menuju Djogja Rp 50.000. Naaahhh yookkk mari di jumlah :

Pergi :

Stasiun Banyuwangi Baru Banyuwangi à Stasiun Lempuyangan Yogyakarta : Rp 50.000
Jumlah perjalanan pulang : Rp 266.500

Jadi semuanya pulang pergi sekitar : Rp 236.500 + Rp 266.500 = Rp 503.000

Naah murah kan, gimana semakin semangat donk untuk pergi ke Gunung Rinjani. Itu kita masih main ke Gili Trawangan dan Pantai watu Dodol, kalau kaga yaa semakin murah ga nyampe 500k. Sama di Pelabuhan Lembar kalo ga kena calo juga semakin ngirit tuh.
         Untuk pembahasan tips menginap di perjalanan selain menginap di angkutan and gunung niihhh. Pas sampai di desa Sembalun kita sudah maghrib, karena tidak ada pendakian malam dan kita juga lelah butuh istirahat kita nginep di salah satu rumah penduduk di basecamp Bawa Nao Rp 100.000/6 orang makan terpisah sesuai permintaan. Terus pas turun di Desa Senaru kita juga nginep dulu untuk istirahat di rumah bapak NurSaat/ Pak Saat biasa di panggilnya. Disini kita makan bonusnya nginep and mandi. .he. Nginep, mandi, shalat ga bayar cuma makan aja yang bayar. Makan hanya bayar Rp 15.000 boleh nambah sepuasnya bayarannya yaa tetep cuma segitu, pendaki baru turun ada makanan enak murah dapet bonus nginep, enaakk banget dah masakan Bu Saat plecing kangkung sambelnya segeeerr pass banget daahhh. Pak Saat and Bu Saat memang baik baik, ramah banget.. recomended daah, yang mau naik kalo butuh porter, jemputan dari pelabuhan atau bandara Pak Saat bisa membantu. Yang mau naik via Sembalun tapi tidur dulu di rumahnya Pak Saat dulu juga bisa, nanti Pak Saat bisa berangkat bareng porter dari Senaru ke Sembalun. Enak dehh sama Pak Saat, orangnya baik banget. Yang minat niih kontaknya hubungi aja HP : 087864893590 Pak Saat siap membantu. Geu aja betah tidur disana dah kaya rumah sendiri, gimana ga betah...hehe. Di Banyuwangi kalo kemalaman kita jug bisa nginep di emperan stasiun low pengen gratis. Tapi gue saranin cari deh warung makan nasi goreng n ayam goreng pinggir jalan, sebelah jembatan. Di tempatnya Pak Supriadi kita makan bonus nginep. Makannya nasi goreng Rp 10.000 kalau ayam goreng n lalapan RP 15.000. Tapi syaratnya yaa itu makan disana juga, ga cuma nginep doank. Tapi enak laahh, Pak Supriadi juga orangnya baik and ramah.
            Mangga sok atuuhhh silahkan yang mau tanya tanya kalo masih ada yang kurang jelas. Selamat bersenang senang, mumpung masih muda travelinglahh sepuasnya dari pada nanti sudah tua sudah ada tanggungan keluarga ga bisa pergi bebas. . .hahaha ngracuunn daah guaa. J